Google
 

Saturday, January 31, 2009

Tanaman Beracun

gambar dari 34306489@N06. Inilah Nerium oleander (bunga mentega).

Hati-hati dengan tanaman disekeliling anda, bisa jadi beracun! di blog ini terdapat daftar 10 tanaman beracun yaitu daffodil (bakung), rhododendron dan azalea(rhododendron), beringin (ficus), oleander (bunga mentega), krisan, anthurium, mayflowers, hidrangea, foxglove dan wisteria.


Di Indonesia yang banyak terdapat disekitar kita adalah tanaman hias daun Dieffenbachia (bahagia). Getah daun dan batang Dieffenbachia berbahaya karena dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya. Meskipun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini dapat menyebabkan syok, bahkan kematian apabila kejang mengganggu saluran pernafasan. Anak-anak dan hewan peliharaan rentan akan bahaya ini. Penyebabnya adalah banyaknya kristal kalsium oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut rafida dan berbentuk jarum.
gambar dari lynns


Alamanda (Allamanda cathartica) beracun pada buah yang matang atau getah tertelan akan menyebabkan mual, keram perut, demam, dan rasa haus.
gambar dari orientsea

Pohon yang beracun antara lain jarak, , bintaro dengan racun cerberin. Pohon saga tidak beracun tetapi saga rambat beracun.

Kembali ke masalah pohon sebaiknya pohon beracun tidak ditanam oleh pemerintah kota untuk menghindari masalah. Mengenai tanaman hias di rumah itu adalah hak masing-masing untuk tetap memelihara dan membeli karena keindahan bunga atau daunnya, tetapi nursery sebaiknya memberikan peringatan kepada konsumen mengenai tanaman yang beracun.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...