Google
 

Saturday, May 14, 2011

Bunuh Diri di Pohon Cabe

Lelucon jadul : "gantung diri aja.. di pohon cabe!".
"Haha mana mungkin kalee pohon cabe kan kecil yang ada ambruk deh pohonnya.."

Saya tidak sedang ingin membicarakan tanaman cabe yang sekarang lagi pedes mahalnya, tapi yang mau saya bicarakan adalah POHON. Apa itu pohon?

NatureTecture
Pohon di Kota


Pohon menurut wikipedia adalah tanaman tahunan berkayu. Lengkapnya: tanaman berkayu yang mempunyai cabang sekunder yang muncul dari cabang utama atau batang (trunk) dengan dominasi apikal jelas. Tinggi minimal saat dewasa berkisar dari 3 hingga 6 meter, atau diameter batang sebesar 10 cm.

Tanaman berkayu yang tidak memenuhi kriteria ini karena mempunyai batang yang banyak atau ukurannya kecil disebut semak (shrubs). Jadi.. tanaman cabe tidak masuk kategori pohon :)

Dibandingkan dengan tanaman lain pohon dapat mencapai usia hingga ribuan tahun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 115m.

Hal penting tentang pohon

1. dapat mencegah erosi
2. menyediakan ekosistem yang terlindung dari cuaca didalam dan dibawah dedaunannya.
3. memproduksi oksigen dan mengurangi karbondioksida di atmosfir. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh siapapun di dunia...
4. kemampuannya untuk menjaga suhu permukaan.
5. kayunya bisa untuk bahan bangunan
6. bisa sebagai sumber energi (untuk masak, penghangat..).

Salah satu keuntungan pohon di daerah tropis adalah menghemat energi. Pohon di daerah tropis merubah iklim mikro (iklim disekitaran kita saja) dan menghemat penggunaan enerji bangunan dalam dua hal:

1. Meneduhkan, yaitu mengurangi jumlah panas yang diserap dan disimpan dari permukaan bangunan, termasuk bangunan dan areal keras (semenan).
2. Evapotranspirasi (pengembunan) merubah embun dari dedaunan menjadi uap air sehingga mendinginkan udara dengan bantuan enerji matahari, yang biasanya memanaskan udara.

Suhu musim kemarau di kota bisa lebih panas beberapa derajat daripada suhu di areal pinggiran kota. Pohon dan tanaman lainnya dapat mengurangi efek ini dalam skala kecil dan besar. Pada satu bangunan pohon bisa menurunkan suhu hingga 4 derajat celcius dibandingkan udara diluar area pepohonan. Bahkan antara naungan pohon dengan aspal bisa terdapat perbedaan suhu hingga 20 derajat Celcius! Pada skala yang lebih besar perbedaan suhu bisa mencapai 6 derajat celcius pada perbandingan pusat kota dan area yang lebih berpohon diareal pinggiran kota.

Dari hal ini bisa disimpulkan penghematan energi bisa dilakukan melalui penggunaan pepohonan untuk mengurangi suhu iklim mikro, yaitu mengurangi pemakaian tenaga listrik untuk penggunaan AC.

Bahkan ada manfaat tidak ternilai dari keberadaan pohon, mengutip penelitian Frances Kuo dari University of Illinois, ia menyatakan bahwa “mereka yang tinggal...dekat area-area hijau memiliki rasa kemasyarakatan yang lebih kuat dan lebih baik dalam mengatasi tekanan dan kesulitan hidup.” Juga “Semakin hijau lingkungan sekitar...semakin rendah tingkat kriminalitas terhadap manusia dan properti.”

Mengenai pohon perkotaan akan saya bahas di postingan selanjutnya. Sementara itu, biarpun kita tinggal di kota.. ayo mulai menanam pohon!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...