Google
 

Thursday, April 26, 2012

Taman Umum Yang Bebas Maksiat

Ada yang perlu diperhatikan dalam disain taman umum supaya tidak digunakan untuk bercinta atau kegiatan lain yang tidak pantas dilakukan di tempat umum.  Berikut tips-tipsnya.
  • Taman sebaiknya didisain agar berpemandangan transparan.  Hindari penggunaan tanaman semak / shrubs.  Tanami hanya dengan pepohonan dan ground cover/tanaman penutup tanah.  Transparan berarti kita bisa melihat keseluruh pelosok taman dengan mudah, tidak ada gerumbulan semak dimana orang bisa bersembunyi dibaliknya.  Kita bisa menanam pepohonan yang tegak dengan percabangan tinggi, rumput dan tanaman penutup tanah.  Taman yang transparan mencegah penggunaan taman untuk kegiatan-kegiatan yang negatif.  

  • Crossroads Park - Fused Grid
  • Disain dengan perawatan minimal.  Taman umum tidak seperti taman rumah yang bisa dirawat dengan teliti setiap waktu.  Hindari disain dengan banyak tanaman hias yang perlu perawatan khusus, kolam dan air mancur yang tidak pernah dibersihkan dan susah dirawat.  Taman umum jarang punya tim perawatan spesial, dan biasanya bujet perawatannya rendah.   Ini juga menunjang poin pertama, dengan tidak adanya semak maka perawatan lebih mudah dan murah.  Taman hanya perlu dipotong rumputnya secara teratur. 

  • Penerangan yang cukup dengan disain anti vandalisme.  Biasanya lampu taman jadi obyek perusakan orang usil.  Bisa diantisipasi dengan disain lampu yang dilindungi teralis.  Taman yang terang di malam hari mencegah kegiatan pribadi di tempat umum.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung taman.   Taman yang didisain untuk berkegiatan akan menambah jumlah pengunjungnya.  Taman dengan sebuah jungkat jungkit akan menarik anak kecil.  Dengan sebuah ring basket akan mengundang remaja.  Dengan jalan setapak berkerikil akan mengundang lansia.  Sebuah taman dengan ketiga fitur ini akan menarik semua golongan usia sehingga mencegah taman hanya didatangi orang-orang yang melakukan hal-hal yang mencurigakan.

  • Small Urban Park, Great Delight

  • Saya tidak mendukung adanya gazebo ditaman umum.  Lebih baik kursi taman diperbanyak daripada membangun bentukan mirip bilik pacaran gratisan.
Kalau taman sudah baik disainnya, semoga taman tidak lagi dipagari.  Taman umum yang dipagari melanggar hak kita sebagai warga.  Masa taman umum dipagar? memangnya punya nenekmu?  Lalu kita memanfaatkan taman yang dipagari itu dengan cara mengintip dari balik pagar, berharap mata kita jadi hijau tenteram ? 

a section of the downtown park.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...