Google
 

Monday, May 21, 2012

Kenalan Dengan Pohon

Sekarang kita sudah bisa membedakan pohon dengan tanaman yang bukan pohon. Sekarang kita kenalan lebih jauh lagi dengan mahluk istimewa ini.

Gambar dari sini

Dalam gambar ini adalah pohon dengan bentuk indah dan ideal. Batang utama nya tegak lurus, percabangannya simetris dan bagus.

Dibawah tanah, bagian perakaran ada akar yang menghujam ketanah dan berfungsi sebagai jangkar, itu akar tunggang. Akar penyerap tumbuh tidak jauh dari permukaan tanah.

Bagian yang ada diatas tanah yaitu batang dan daun. Bagian yang berdaun disebut mahkota. Cabang yang muncul dari batang utama biasanya disebut dahan, sedangkan percabangan yang paling kecil dan lemah biasa disebut ranting.

Fakta-fakta tentang akar pohon:
- Akar harus cukup oksigen, air dan nutrisi supaya berfungsi.
- Akar pencari nutrisi bisa menyebar 2 - 3 kali dari lebar percabangan
- Kebanyakan dari akar yang penyerap adanya dipermukaan tanah dan tumbuh keatas kearah permukaan, bukan kebawah.
- Perkerasan tanah dan menutup akar dengan perkerasan bisa membahayakan pohon
- Sistem perakaran pohon kota biasanya hanya sepotong dari yang ada pada pohon hutan karena keterbatasan ruang dan tanah.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Pohon:

Pohon mendapatkan nutrisinya 90% dari atmosfir dan hanya 10%nya dari tanah

Pohon tumbuh dari atas, bukan dari bawah seperti mitos yang diyakini kebanyakan orang. Cabang pohon hanya bergerak beberapa cm dalam 1000 tahun.

Tidak ada pohon yang mati karena tua. Biasanya pohon mati karena serangga, penyakit atau karena manusia. Cemara bristlecone California dan sequoia traksasa diperkirakan merupakan pohon tertua dengan umur 4,000 dan 5,000 tahun.

Ada 20,000 spesies pohon di dunia. US mempunyai perbendaharaan pohon terbanyak dibawah India.

Hutan tropis terbesar adalah Cekungan Amazon seluas 81.5 juta hektar.

Hari Pohon pertama kali dirayakan di Nebraska tahun 1872. Negara bagian ini sekarang punya hutan buatan manusia yang terbesar di dunia seluas 200,000 hektar pohon.

Beberapa pohon bisa 'berbicara' satu sama lain. Ketika pohon willow diserang ulat dan kakiseribu mereka mengeluarkan tanda bahaya pada pohon terdekatnya. Pohon sebelahnya merespon dengan memompa lebih banyak tannin didaun mereka yang sukar dicerna serangga tersebut.

Mengetuk pohon untuk nasib baik asal muasalnya dari kepercayaan jaman dulu yang meyakini mengetuk pohon bisa memanggil roh-roh yang berdiam di pepohonan.

Pohon bisa mendorong hujan dengan mendinginkan tanah dan menguapkan air ke udara dari dedaunan. Sehektar pohon maple bisa mengeluarkan 20,000 liter air ke udara setiap harinya.


Gambar dari sini

Dikutip dari weekendgardener

Yang Ter Dari Pohon:

Akar Terdalam. Pohon beringin di Echo Caves Mpumalangan Afrika Selatan punya akar sedalam 400 kaki atau 120 meter dan dia dinobatkan sebagai pohon dengan akar terdalam.

Pohon Tercepat. Tahun 1974 tercatat bahwa pohon Albizzia falcata (albasia) di Sabah Malaysia tumbuh sebanyak 11 m dalam 13 bulan, kira-kira 2.7 cm perhari.

Lingkar Terbesar. Pada akhir abad ke 18 pohon Chestnut eropa yang dikenal sebagai pohon ratusan kuda di gunung Etna Sisilia Italy diameternya 58 m. Semenjak itu batangnya terbelah jadi tiga bagian.

Pohon Paling Berbahaya. Pohon Manchineel dari pantai karibia dan everglade Florida adalah psesies yang mengeluarkan getah asam beracun. Ketika bersentuhan dengan kulit akan muncul bisul. Kalau terkena mata bisa membutakan dan menggigit buahnya mengakibatkan bisul dan nyeri yang amat sangat. Pohon ini ditakuti sejak jaman penjelajahan Spanyol diabad ke 16.

Pohon Terbesar. Pohon Lindsey Creek Tree di Redwood punya volume batang utama sebesar 2,500 meter kubik dan berat minimum diperkirakan 3,630 ton merupakan pohon terbesar sampai tahun 1905 mati dihantam petir. Setelah itu pohon terbesar jatuh ke pohon Jenderal Sherman sebuah sequoia raksasa dengan tinggi 83 m dan diameter 31 m.

Pohon Tertua. Ditemukan di Prairie Creek Redwoods California diyakini berumur 1,200 tahun, walau dibantah bahwa umurnya baru 7,000 tahun, yang tetap saja merupakan yang tertua.

Pohon Terpelan. Sedar putih di Great Lakes Canada hanya tumbuh 10 cm selama 155 tahun.

Pohon Tertinggi. Adalah pohon redwood yang dikenal sebagai 'Mendocino' di hutan Montgomery State California. Diperkirakan umurnya lebih dari 1000 tahun tingginya 112 m dan masih terus tumbuh.

sumber unep

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...