Google
 

Monday, May 21, 2012

Perbedaan Memangkas Pohon Jalan dan Pohon Buah

Memangkas pohon (pinggir) jalan berbeda caranya dengan memangkas pohon buah.  Pohon jalan dipangkas supaya tidak mengganggu mobil ataupun manusia yang berjalan dibawahnya.  Pohon buah dipangkas sedemikian rupa supaya produksi buahnya banyak dan mudah dipetik.  Keduanya tidak bisa digabung.  Itu sebabnya, pohon buah tidak bisa sekaligus menjadi menjadi pohon jalan, kecuali buahnya memang tidak diharapkan untuk dipanen.

Memangkas Pohon Jalan
Pilih bibit pohon jalan dengan batang utama yang yang tegak.  Jangan pilih yang bercabang-cabang dari bagian bawahnya, apalagi kalau tidak ada batang utamanya.


Gambar dari na.fs.fed.us

Ketika pohon jalan baru ditanam, pemangkasan yang pertama-tama dilakukan setelah pohon tumbuh dengan baik adalah memotong  dahan-dahan terbawahnya.
Setelah pemangkasan pertama, pohon akan terpacu sehingga meninggi dengan cepat.  Tunas-tunas yang bertumbuhan dibekas pangkasan dibuang seluruhnya, sehingga akan dihasilkan pohon dengan batang utama yang tegak.
Pemangkasan ini terus dilakukan seiring dengan bertambah tingginya pohon, sampai tercapai ketinggian percabangan mahkota diatas 2.5 m dari permukaan tanah.
Setelah pohon mencapai ketinggian 5 meter atau lebih, pemangkasan bisa ditekankan untuk mengurangi kerimbunan mahkota supaya pohon lebih sehat, juga memangkas supaya pohon tidak mengganggu kabel utility.

Memangkas Pohon Buah

Pohon buah ideal adalah yang buahnya lebat dan pohonnya rendah sehingga memetiknya gampang.  Cara memangkasnya:
Pilih bibit pohon buah dengan batang utama tegak.  Kalau tidak tersedia, potong dahan-dahan yang tumbuh dibawah 80 cm.


Gambar dari cals.arizona.edu

Pilih cabang pertama kurang lebih 80 cm dari permukaan tanah.  Cabang kedua dan ketiga sekitar 30 cm dari cabang pertama.  Arah pertumbuhan cabang ketiga arah yang berbeda.  Cabang-cabang yang lainnya dibuang.
Setelah ketiga dahan itu tumbuh sampai mencapai panjang 30 cm, potong lagi ujung-ujungnya.
Setelah tunas tumbuh diujungnya, pilih dua atau tiga tunas, sisanya dibuang.

Jadi sebaiknya jangan menanam pohon mangga dipinggir jalan, kecuali pohon mangga itu direlakan percabangannya tinggi diatas 2 meter supaya tidak mengganggu mobil yang lewat dibawahnya - sehingga memetiknya susah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...